Kalian sering mengalami masalah dengan laptop yang kalian miliki? Seperti laptop tiba-tiba tidak dapat dinyalakan, cepat panas ataupun saat tengah digunakan menjadi sangat lambat hingga membeku/hang secara mendadak? Apabila iya, artinya anda mungkin selama ini salah dalam merawat laptop anda dan apabila tidak berhati-hati, maka laptop anda akan rusak tanpa anda sadari loh!

Tapi, jangan khawatir ya, soalnya Tossca punya beberapa tips yang dapat anda jadikan pegangan dalam merawat laptop kesayangan anda. Berikut lima tips cara merawat laptop versi dari Tossca Laptop Jogja!

Jangan Taruh Laptop di atas Kasur

Kira-kira nih, seberapa sering anda membawa laptop anda ikut ke atas tempat tidur bersama dengan anda? Selain untuk membuat tugas, atau kerjaan, mungkin anda membawa laptop anda sebagai teman untuk leyeh-leyeh sembari nonton drakor atau film maupun anime di netflix, wetv atau sekedar youtube-an. Tapi, tahukah anda bahwa menaruh laptop di kasur atau di tempat tidur dapat menyebabkan aliran udara di bagian bawah laptop susah keluar karena tertahan oleh badan kasur. Akibatnya, udara panas yang terbuang berputar kembali ke laptop anda dan membuat komponen laptop anda semakin panas. Inilah yang menyebabkan laptop anda menjadi lambat hingga membeku, dan apabila sering dilakukan akan menjadi rusak! Karena komponen di dalam laptop kepanasan.

Untuk itu, meskipun anda ingin sekali rebahan sembari bermain game online atau sekedar ingin menonton film atau drakor dari tempat tidur, sebaiknya tetap letakkan laptop anda di permukaan yang datar ya, agar aliran udara dapat berjalan dengan lancar dan laptop anda tidak cepat kepanasan.

Tolong Berikan Waktu Istirahat yang Cukup untuk Laptop Anda

Layaknya manusia, laptop juga butuh waktu istirahat loh! Meskipun laptop merupakan perangkat elektronik, namun bukan berarti anda bisa menggunakannya terus menerus. Komponen internal laptop juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk kembali mendinginkan bagiannya. Apabila anda sudah menggunakan laptop anda untuk bekerja ataupun belajar selama tiga sampai empat jam, tidak ada salahnya anda mengistirahatkan mata serta tubuh anda sembari membawa laptop anda untuk ikut beristirahat bersama anda kan? Lumayan selama 15-20 menit pikiran anda kembali segar begitupula laptop anda yang juga kembali prima untuk membantu pekerjaan serta tugas-tugas anda.

Rutin untuk Mengisi dan Jangan Sampai Kehabisan Baterai Laptop

Jangan sampai lupa untuk mengisi baterai laptop ya! Jangan sampai karena begitu seriusnya mengerjakan tugas, atau menonton film ataupun main game online hingga tidak menyadari bahwa baterai laptop anda sudah menuju ke angka 0%. Membiarkan baterai laptop anda sering terkuras hingga tidak tersisa sama sekali akan mempercepat masa pakai baterai itu sendiri.

Lalu, saat laptop sedang tidak digunakanpun, jangan lupa untuk tetap mengisi baterai ya! Sebab, baterai yang terpasang di laptop dapat mengurangi kapasitasnya sendiri meskipun sedang tidak digunakan. Ini juga sebagai salah satu cara untuk merawat laptop anda, terutama untuk menghindari kerusakan baterai. Selain itu pula, dengan secara teratur mengisi baterai laptop, anda dapat melindungi laptop kesayangan anda dari kelembaban udara. Udara hangat yang muncul saat baterai laptop sedang diisi dayanya dapat mencegah tumbuhnya jamur. Jadi usahakan saat laptop sedang jarang digunakan, untuk tetap mengisi baterai secara rutin setiap dua sampai tiga minggu sekali ya!

Matikan Laptop Sesuai Prosedur

Apabila anda sudah mematikan laptop seusai dengan prosedur, artinya, Selamat! Anda sudah menjaga laptop anda dari kerusakan. Apabila anda tidak mematikan sesuai dengan prosedur, itu sama saja dengan anda mempercepat terjadinya kerusakan prosesor pada laptop kesayangan anda. Jika hal ini terjadi, anda akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaiki laptop kesayangan anda tersebut.

Jangan Langsung Menutup Layar LCD Laptop

Untuk menghindari cepat rusaknya laptop anda, mohon hindari untuk segera menutup layar LCD laptop anda secara langsung saat tengah mematikan laptop, karena udara panas yang keluar dari permukaan keyboard akan langsung mengenai LCD dan itu dapat berakibat fatal serta dapat menyebabkan kerusakan pada layar LCD laptop kesayangan anda. Biarkan layar LCD laptop anda tetap terbuka selama beberapa menit setelah laptop anda dimatikan, ketika suhu laptop anda mulai turun, maka anda dapat menutup layar LCD laptop anda.

Inilah beberapa tips yang dapat Tossca Laptop Jogja berikan, semoga bermanfaat bagi anda dalam menjaga serta merawat laptop kesayangan anda.